Jumat, 08 April 2016

TUGAS BERAT SETELAH MEMBANGUN MESJID

Bismillahirrahmaanirrahiim

"Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari akhir, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk" (QS. At Taubah: 18)




Pembangunan Mesjid Besar Kecamatan Malangbong telah selesai tepat pada Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah beberapa waktu yang lalu. Alhamdulillah pembangunan selesai sesuai dengan perencaan atas kehendak Alloh SWT. Tugas dan amanah yang panitia emban dari masyarkat Kecamatan Malangbong telah selesai dijalankan dengan baik dengan harapan semoga Alloh menjadikan amanah tersebut ladang amal dan kebajikan bagi seluruh panitia secara khusus dan bagi masyarakat Malangbong secara umum. Namun apakah amanah itu sepenuhnya selesai dilaksanakan? 

Sesungguhnya membangun sebuah mesjid itu adalah pekerjaan yang sangat mudah. Memakmurkannya justru yang berat dan perlu kesinambungan yang selaras satu sama lainnya. Inilah sesungguhnya yang tengah dipikirkan bersama oleh panitia dan masyarakat di Kecamatan Malangbong. Sebab betapapun mesjid berdiri megah nan kokoh namun tidak dijaga dan dirawat apa jadinya. 

Merawat dan memelihara mesjid itu bukan hanya pada sarana fisik ansih,namun termasuk sarana yang sifatnya non fisik. Adanya Imam, asatid, mu'adzin, petugas kebersihan dan perangkat lainnya itu juga sangat penting untuk diperhatikan. Bagaimana jadinya jika sebuah mesjid tidak ada imam sholat, tidak ada adzan karena tidak tersedianya mu'adzin yang memadai atau kasus lainnya. Tentu ini harus dihindari agar mesjid yang kita cintai senantiasa hidup dan makmur.

Oleh karenanya panitia segera melakukan pertemuan guna mencari solusi terbaik untuk memakmurkam mesjid termasuk diantarnya untuk menunjuk imam dan mu'adzin tetap di Masjid Besar Kecamatan Malangbong ini. Maka disepakati bersama bahwa untuk fasilitas imam dan mu'adzin serta perangkat lainnya perlu dibangun sarana yang memadai. Sarana tersebut nantinya dijadikan ruang Madrasah, Sekretariat, ruang imam dan mu'adzin akan dibangun dibangunan sebelah utara. Bangunan tersebut tadinya berupakan rumah tinggal yang Alhamdulillah akhirnya menjadi milik mesjid setelah dibeli oleh mesjid.



Semenjak rencana itu dicanangkan akhirnya Alhamdulillah dapat bantuan dana dari Bank BJB Jawa Barat untuk pembangunannya. Pencairan dananya dibagi menjadi tiga tahap dan tepat pada bulan kedua pembangunan ini telah dicairkan dua kali pencairan dengan total dana sebesar  210 juta rupiah. Progres pembangunan telah mencapai 75%. Mohon do'a kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat semoga apapun rencana panitia diridloi dan diberikan kemudahan oleh Alloh SWT.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buku Tamu

Shoutbox widget
Get this widget