Selasa, 23 Oktober 2012

Muqoddimah

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Alhamdulillah segala puji bagi Alloh yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga tetap terlimpah curah kepada junjunan alam Nabi Besar Muhammad SAW.

Masjid Besar Malangbong teretak di Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut tepatnya di Jalan Raya Utara yang merupakan jalur propinsi lintas selatan. Masjid Besar Malangbong dapat dikatakan salah satu etalase kota Garut, karena letak mesjid yang dilalui oleh tiga kabupaten yaitu Kabupaten Sumedang, Garut dan Tasikmalaya. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan kondisi yang ada, masjid yang didirikan pada akhir tahun 1970-an ini butuh sentuhan dari semua pihak.





Sekilas secara kasat mata saja bangunan mesjid besar Malangbong ini sudah nampak "usang", dari mulai bagian bawah, tengah hingga bagian atas bangunan. Belum lagi bagian dalam dan ruangannya, membutuhkan sentuhan semua pihak. Terutama daya tampung masjid yang sudah sangat mendesak untuk difikirkan bersama. Hal ini sangat kentara ketika tiba waktu shalat Jum'at dan shalat Idul Fitri atau shalat Idul Adha. Jemaah yang hadir sudah tidak mampu lagu untuk ditampungnya.








Melihat kondisi tersebut maka sudah sejak lama muncul gagasan dan rencana untuk merehabilitasi mesjid besar tersebut, namun niatan tersebut baru terwujud pada bulan Oktoboer tahun 2012. Diawali dengan terbentuknya kepanitiaan yang diketuai oleh Bapak Drs. H. Dedeng Thamrin dengan susunan kepanitiaan yang disahkan langsung oleh Bapak Camat Malangbong. Dalam susunan kepanitiaan tersebut tertera nama-nama para kyai, alim ulama, tokoh masyarakat dan pemuda serta merangkul pihak-pihak terkait yang berada di wilayah Kecamatan Malangbong, karena Masjid Besar Malangbong merupakan masjid milik ummat. Seyogyanya masjid milik umat, maka umat muslimin dan muslimat jugalah yang harus andil dalam pembangunan ini. Mohon do'a restu dan dukungannya 


4 komentar:

  1. Amin...mudah-mudahan berkah Tuhan menjadi...

    BalasHapus
  2. Semoga pelaksanaan pembangunan mesjid besar malangbong, dimdahkan Alloh swt.

    BalasHapus
  3. http://brillyelrasheed.blogspot.com/2014/06/tiga-hadits-pokok-perintah-membangun.html

    BalasHapus

Buku Tamu

Shoutbox widget
Get this widget